Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto

Diagnostik Asesmen: Ikhtiar Mewujudkan Pengelolaan Kelas Merdeka Berkualitas

Al Amin News – Bertempat diruang admin Madrasah putri pada Kamis, 11 Maret 2022 telah diadakan kegiatan pemetaan karakter gaya belajar santri kelas 7 tahun pelajaran 2022-2023. Kegiatan ini dilakukan untuk memperoleh gambaran kecenderungan gaya belajar santri kelas 7 yang bersumber dari hasil psikotes saat penerimaan SPSB. Kegiatan dihadiri oleh Waka bidang Akademik, guru BK dan seluruh wali kelas 7.

Ustadz Yasir yang memimpin kegiatan ini memberikan penekanan bahwa kegiatan pemetaan ini adalah bagian dari implementasi kurikulum merdeka belajar, dimana dibutuhkan pendekatan awal terhadap peserta didik, untuk mengetahui peta potensi karakter dan gaya belajarnya, hal inilah yang kita kenal dengan istilah Diagnostik Asesmen. “Kita gunakan data yang ada, kita petakan tidak berdasarkan IQ saja, tetapi lebih kepada gaya belajarnya didukung EQ nya. Agar kedepan pengelolaan kelas kita dapat sesuai dengan karakter peserta didik dan lebih maksimal” tandasnya.

Miss Ina selaku guru BK, telah melakukan rekapitulasi hasil psikotes santri yang digunakan sebagai data primer. Pemetaan kemudia dipadukan kondisi realitas santri dikelas masing.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 10.00 WIB sampai 12.15 WIB ini menghasilkan pemetaan kelas 7 berdasarkan kecenderungan gaya belajarnya dalam tiga kelompok yakni ; auditori, visual dan Kinestetik.

Dikelas putra dengan jumlah santri 88 akan dikelompokkan menjadi 3 kelas, sedangkan diputri dengan jumlah santri 36 tetap menjadi 2 kelas.

Dari hasil pemetaan tersebut berakibat akan terjadi berubahnya anggota kelas. Diakhir kegiatan ustadz Yasir mengucapkan terimakasih atas partisipasi seluruh yang hadir, selanjutnya akan disampaikan kepada kepala madrasah untuk diambil keputusan lanjutan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.