Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto

KUNJUNGAN PMI KOTA MOJOKERTO

Alamin News- Pada hari Kamis (09/02/23) Santri Al-Amin Putri kunjungan ke PMI Kota Mojokerto. Kegiatan yang dilakukan siang hari ini dipandu oleh petugas PMI dan diikuti perwakilan 30 santri putri. Mereka mengajak keliling PMI dan memberi tau bagaimana proses donor darah hingga cara pertolongan pertama pada kecelakaan.
 

      Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang yang dilakukan secara sukarelawan kemudian disimpan di bank darah yang akan digunakan untuk keperluan transfusi darah. Donor darah dinilai sebagai kegiatan baik dan menyehatkan, selain dapat membantu sesama dan menyelamatkan banyak nyawa, donor darah juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Manfaat dari menjadi pendonor darah adalah dapat menurunkan resiko kanker, menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah, dapat menambah produksi sel darah merah, dan lain-lain. Donor darah akan sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami kecelakaan, kangker darah, anemia, dan lain-lain. Ada empat jenis donor darah yaitu darah utuh, trombosit, plasma, dan sel darah merah. Darah tersebut dipisahkan setelah donasi untuk diberikan pasien darah sesuai yang dibutuhkan. PMI memiliki jadwal pengambilan darah ke luar kota untuk memenuhi stock darah yang dibutuhkan oleh Rumah Sakit Kota Mojokerto.

      Selain memberi pengetahuan tentang donor darah, petugas PMI juga mengajak santri al amin putri untuk praktek bagaimana cara melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan. Mereka mengajak perwakilan 3 orang Santri Al-Amin Putri untuk melakukan praktik pertolongan pertama mulai dari bagaimana cara mengangkat pasien menggunakan tandu sampai masuk ke dalam ambulance. Menjelang akhir acara, mereka mengajak santri Al-Amin Putri berkumpul di aula PMI untuk sharing apa yang mereka dapat dari kegiatan di PMI.