Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto

FIKS!! Awal Bulan Rajab 1444 Hijriyah

Al Amin News – Tim Rukyatul Hilal Pondok Pesantren Al-Amin dan Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Mojokerto telah melaksanakan Rukyatul Hilal sebagai ikhtiar untuk menentukan awal bulan Rajab 1444 Hijriyah.

Akan tetapi, Tim Rukyatul Hilal Pondok Pesantren Al-Amin dan Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kab. Mojokerto terhalang oleh cuaca yang cenderung mendung dari sore hingga maghrib, sehingga Tim Rukyatul Hilal belum bisa melihat hilal.

Pemantauan tim dilakukan di lantai 5 Pondok Pesantren Al-Amin Putri Mojokerto pada hari Ahad (22/1/2023).

Cuaca mendung menjadi penyebab hilal tak terlihat. Awan tebal yang menyelimuti langit bagian barat dan sekitarnya, membuat Tim Falakiyah tak berhasil melihat hilal, baik menggunakan teleskop dan mata telanjang.

Ketua LFNU Kabupaten Mojokerto, Syamsul Ma’arif mengatakan, tim hisab rukyat melakukan pemantauan selama beberapa jam, tapi tak kunjung bisa melihat hilal.

“Kondisi cuaca yang mendung sejak pukul 17.25 WIB hingga tenggelamnya matahari 17.23 WIB, dan sampai berakhirnya rukyah karena terhalang oleh mendung yang tebal di bagian barat menghalangi pengamatan,” katanya.

Sebagai tindak lanjutnya, maka awal Bulan Rajab 1444 H telah ditentukan pada hari Senin, 23 Januari 2023 (mulai malam Senin) atas dasar rukyat, dikarenakan terdapat satu lokasi yang dapat melihat hilal, Semoga kegiatan rutinan Rukyatul Hilal di PP Al-Amin Mojokerto dapat berjalan secara istiqomah guna melestarikan budaya Nahdlatul Ulama dan dapat mencetak banyak kader penerus Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *