Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto

Berbagi Ilmu Anti-Bullying, Unesa Melaksanakan Pengabdian Masyarakat di Pondok Pesantren Al-Amin

Al-Amin News- Pada 20-21 Juli 2022, tim pengabdian masyarakat dari Universitas Negeri Surabaya bertandang ke asrama putra-putri Pondok Pesantren Al-Amin. Kehadiran tim ini guna memberi  wawasan kepada para santri tentang bahaya bullying. Kegiatan tersebut berlangsung dalam rangkaian acara Masa Taaruf Santri Madrasah Aliyah kelas X yang bertajuk Forum Taaruf Santri (FORTASI) 2022. Adanya materi anti bullying adalah upaya Pondok Pesantren Al-Amin mewujudkan pesantren yang nyaman dan ramah santri.

Kak Issac Briyan Alisyahbana, M.Pd., selaku pemateri, menjelaskan berbagai bentuk dan jenis bullying serta betapa dekatnya bullying dalam proses interaksi pertemanan. Secara lugas dan jelas, beliau berpesan kepada para santri agar selalu berhati-hati dalam memperlakukan teman. Selain itu, para santri diajak melakukan sesi relaksasi, yakni praktik yang  melibatkan pelepasan pikiran.

Sesi materi kemudian diakhiri dengan refleksi, yakni penyampaian kesimpulan-kesimpulan yang disampaikan para santri, yang intinya bahwa bullying bisa menjadi hal yang sangat membekas di kehidupan seseorang. Oleh karenanya, para santri harus berhati-hati dalam canda, dan harus saling peduli dalam berteman.

Leave a Comment

Your email address will not be published.