Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto

IAI Nazhatut Thullab Sampang studi banding ke Pondok Pesantren Al-Amin

Pondok pesantren Al-Amin menerima kunjungan studi banding dari Institut Agama Islam Nazhatut Thullab (IAI NATA) Sampang Madura pada hari Senin 8 Januari 2024. Rombongan tiba di pondok pesantren Al-Amin tepat pada pukul 09.00 yang terdiri dari empat belas mahasiswa dan tiga dosen yang dipimpin langsung oleh Kaprodi MPI, Munib, M.Pd.I.

Rombongan disambut langsung oleh Ketua II Perkumpulan Pendidikan dan Sosial Al-Amin, H. Agung Hilmiawan, S.T., beserta Kepala MA, MTs, dan Pesantren. Kegiatan terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah studi banding tentang penerapan manajemen pendidikan di MA Pesantren Al-Amin. Sedangkan sesi kedua tentang penerapan manajemen pengelolaan di pondok pesantren Al-Amin.

Dalam sambutannya Munib menyampaikan bahwa inti dari kegiatan studi banding ini adalah untuk belajar, thalabul ilmi, serta menganalisis penerapan konsep manajemen pendidikan Islam di pondok pesantren Al-Amin. “selama ini kami hanya menyampaikan ilmu manajemen pendidikan dalam ranah teoritis, dan kami mendapatkan cukup banyak ilmu manajemen pendidikan praktis di pondok pesantren yang luar biasa ini”, tuturnya.

Masing-masing Kepala MA dan pesantren Al-Amin menyampaikan profil dan program lembaga. Sementara itu H. Agung Hilmiawan, S.T. menyampaikan betapa pentingnya update, upgrade, dan adaptasi secara cepat atas segala perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan. “Perkumpulan terus mengembangkan kebijakan-kebijakan untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada, yang sudah bisa dirasakan adalah perubahan di bidang sarana, dan dalam waktu dekat kami akan membuat gebrakan dalam pengembangan bahasa”, tuturnya. (im)