Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto

TINGKATKAN MUTU DAN KEAMANAN PANGAN SANTRI, PONPES AL-AMIN IKUTI PENYULUHAN KEAMANAN PANGAN OLEH BPOM RI

Al-Amin News – Pondok Pesantren Al-Amin terus meningkatkan mutu dan kemanan pangan santri dengan mengikuti penyuluhan keamanan pangan oleh BPOM RI. Dalam hal ini penanggung jawab dapur Pondok Pesantren Al-Amin yang juga merupakan waka Humas MA Pesantren Al-Amin, Yanuarin Nisaur Rohmah, S.Pd., Gr. menghadiri undangan Penyuluhan Keamanan Pangan Siap Saji bagi Penanggung Jawab Dapur Pondok Pesantren pada 23-24 Juli 2024 di Hotel Ciputra World, Surabaya.

Kegiatan ini merupakan hasil tindak lanjut MoU antara BPOM, Pondok Pesantren dan Bupati Kabupaten Mojokerto yang telah dilaksanakan tanggal 2 November 2023 di Kota Mojokerto, serta telah disusun road map program pembinaan di lingkungan Pondok Pesantren melalui program SAPA SANTRI-SANTRIPRENEURSHIP. Pondok Pesantren Al-Amin merupakan delegasi pilihan pondok pesantren terbaik di kota Mojokerto.

Selama dua hari, materi yang didapatkan langsung dari BPOM RI diantaranya mengenai Keamanan Pangan, Higiene dan Sanitasi Bangunan, Peralatan dan Pengolah Pangan, Penyusunan Menu B2SA bagi Santri, Manajemen Keamanan Pangan di Pontren, Pengenalan Tata Cara Pengajuan Sertifikasi Layak Higiene Sanitasi (SLHS), 5 Kunci Keamanan Pangan Siap Saji, Cek KLIK dan Simulasi. Tidak hanya itu, delegasi pondok pesantren juga diminta untuk membuat rencana tindak lanjut (RTL) Program Pembinaan Dapur Pondok Pesantren. Semoga dengan adanya rencana tindak lanjut ini ilmu yang telah didapatkan bermanfaat bagi ustadz/ustadzah pengajar tentang pentingnya bijak memilih makanan sehat, tim kader kesehatan remaja pesantren Al-Amin, serta pengelola dapur pondok pesantren.