Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto

Lestarikan Seni Bela Diri Tradisional, Santri MTs Pesantren Al-Amin Raih Juara Pencak Silat Bupati Cup Mojokerto 2024

Santri MTs Pesantren Al-Amin berhasil menjadi juara dalam kategori tanding kelas remaja putra-putri pada kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup pada 5 Juli 2024. Kejuaraan yang diadakan oleh IPSI kabupaten Mojokerto ini bertujuan untuk menggali potensi atlet yang tangguh, bermartabat, dan berprestasi. Kejuaraan ini akan diikuti setidaknya 18 perguruan silat se-Kabupaten Mojokerto dalam berbagai kelas tanding didalam kompetisinya.

Enam santri MTs Pesantren Al-amin yang berhasil menjadi juara dalam kategori tanding kelas remaja putra-putri pada kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup tahun 2024 diantaranya Miladin Kavi, Faishol Ahmad, Fahma Amanda, Mufidah Nadhifatul, Yasmin Bilqis, dan Abde Samawwal.

Menurut Yasir Lana selaku ketua tim pelaksana menyatakan kegiatan ini akan diadakan setahun sekali sebagai agenda kegiataan santri sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan seni pencak silat sebagai budaya warisan leluhur bangsa Indonesia. “banyak anak muda sekarang lebih memilih bentuk olahraga dan kegiatan yang lebih dirasa modern dan berasal dari luar negeri, menumbuhkan bibit-bibit seperti ini, saya rasa perlu untuk menumbuhkan rasa cinta pada seni bela diri tradisional asli dari negeri kita yaitu Indonesia yang juga tidak kalah bagus dari seni bela diri dari negara lain.” ujar Yasir Lana.

Santri MTs Pesantren Al-amin, Miladin Kavi mengungkapkan bahwa ketertarikan dalam pencak silat ini berawal dari motivasi yang diberikan oleh guru, pelatih dan kakak kelasnya yang telah terlebih dahulu mengikuti ekstrakulikuler pencak silat. “pencak silat menurut saya memiliki ciri khas sendiri dibandingkan dengan cabang olahraga bela diri lainnya. Salin mempertahankan diri dari serangan musuh, pencak silat juga memiliki seni tersendiri yang khas dari Indonesia.” jelas Kavi saat menjadi salah satu juara dalam kompetisi tersebut.