Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto

Pengukuran Arah Kiblat oleh Santri Pondok Pesantren Al-Amin

Al Amin News – Pada hari kamis (26/05/2022)  team Falakiyah Pondok Pesantren Al-Amin putra dan putri melakukan pengukuran arah kiblat di Dusun Panjer, Desa Tunggalpager, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto.  Kegiatan ini dilaksanakan oleh 4 orang perwakilan santri putra dan putri, dibawah bimbingan ustadz Syamsul Ma’arif .

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu prosesi pembangunan Masjid Sabilul Abid,  selain itu juga supaya santri-santri dapat mengaplikasikan materi Falakiyah yang telah mereka pelajari. Proses pengukuran berlangsung mulai pukul 13.00 – 15.30 WIB diawali dengan mempersiapkan peralatannya seperti kompas, busur, dan  benang. Pengukuran arah kiblat dapat dilakukan dengan 2 metode yakni, pertama dengan Total Station dan AULATIS (Alat Ukur Kiblat Praktis), kedua dengan cara manual. Para santri dibawah arahan ustadz Syamsul Ma’arif  menggunakan metode yang kedua (manual) dengan menginstruksikan para santri untuk memberikan tanda dengan menggunakan benang dan patokan, berdasarkan titik yang telah ditentukan dan dibantu oleh beberapa tukang dalam pembangunan masjid tersebut.

Selama pengukuran arah kiblat, kegiatan ini berlangsung dengan lancar. Hasil pengukuran menyatakan : Arah Kiblat 650 52’ 08” (U – B) atau 240 07’ 52” (B – U) Azimut Kiblat  2940 07’ 52” (UTSB). Melalui kegiatan ini semoga santri memiliki pengetahuan yang lebih mendalam mengenai pengukuran arah kiblat dengan metode falakiyah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.