Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto

Peringatan Hari Santri Nasional Pondok Pesantren Al Amin

Setiap tanggal 22 oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Banyak para santri Indonesia yang memperingatinya sebagai wujud rasa untuk mengingat,menghargai,mengapresiasi peran historis para santri dalam memperjuangkan dan menjaga kutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).Tepatnya Hari kamis, tanggal 20 oktober 2022 Pondok Pesantren Al-Amin memperingati Hari Santri Nasional , acara dilaksanakan di masjid Pondok Pesantren Al-Amin dan di hadiri oleh sebagian asatidz dan seluruh santri Ponpes Al-Amin, serta acara pembuka peringatan Hari Santri Nasional  yang di meriahkan dengan gebyar sholawat dari setiap angkatan. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional, diakhiri dengan penutup dan do’a.

Pada tanggal 21 Oktober 2022, diawali dengan dengan lomba TRI LOMBA yang dilaksanakan di lapangan utama. pada pukul 08.00 – 10.00 WIB, perlombaan ini diikuti 2 tim (masing-masing tim terdiri dari 6 orang santri) dari setiap angkatan.pada siang hari dilanjutkan dengan perlombaan Tartil yang di laksanakan di masjid, pada pukul 13.30– 15.00,perlombaan ini di ikuti 2 orang santri dari setiap angkatan. Pada malam harinya dilanjutkan dengan 2 perlombaan yaitu CCI(Cerdas Cermat Islami) yang dilaksanakan di kelas untuk babak penyisihan dan babak final di adakan di lapangan utama, dan pengumpulan karya Poster pada pukul 20.00 – 21.30 WIB. Perlombaan CCI ini diikuti 2 santri dari setiap angkatan dan perlombaan ini dihadiri oleh seluruh santri Pondok Pesantren Al-Amin.sementara itu perlombaan poster di adakan di tempat yang kondisional (bebas).dan perlombaan ini diikuti oleh per angkatan. masing-masing angkatan akan mengumpulkan karyanya pada pukul 20.00 – 21.30 WIB. Seluruh santri telah diberi waktu dari pembukaan,panitia memberikan sosialisasi tentang perlombaan pembuatan karya tersebut. Apabila ada angkatan mengumpulkan karyanya melebihi batas yang telah ditentukan maka akan ada pengurangan nilai

Pada tanggal 22 Oktober 2022, tepatnya dihari ketiga diawali dengan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional yang di ikuti oleh sebagian asatidz dan seluruh santri Pondok Pesantren Al-Amin.Upacara ini dimulai pukul 07.00 – 07.45 WIB yang bertempat di lapangan utama Pondok Pesantren Al-Amin.Di lanjut dengan perlombaan fashion show yang di laksanakan di lorong food court. pada pukul 09.00 – 10.00 WIB. perlombaan ini diikuti oleh 2 orang santri dari setiap angkatan.dan dilanjut dengan perlombaan Cekrek(fotografi) yang dilaksanakan disekitar area pondok pesantren Al-Amin pada pukul 10.00 – 11.00 WIB.perlombaan ini di ikuti oleh 1 orang santri dari setiap angkatan.pada sore hari dilanjutkan dengan perlombaan Buaya Buntung yang dilaksanakan dlapangan utama, pada pukul 15.30– 17.00,perlombaan ini di ikuti 1 tim(10 orang santri) dari setiap angkatan. ditempaperlombaan pun selesai diakhiri dengan penutupan Peringatan Hari Santri Nasional, yang bertempat dilapangan utama Pondok Pesantren Al-Amin.

 Penutupan ini dimulai pada pukul 19.20 yang diawali dengan beberapa quis yang berhadiah. Setelah seluruh asatidz datang acara pun dibuka dengan diawali pembacaan surat al-fatihah. Setelah pembacaan ayat suci al-qur’an dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, sambutan pertama diisi oleh ketua ketua panitia periode 2022-2023. Setelah sambutan pertama selesai dilanjutkan sambutan kedua sekaligus penutupan Hari Santri Nasional, yang diisi oleh ustadz Ahmad hanafi, S.Pd.I., MM. setelah sambutan kedua sekaligus penutupan Hari Santri Nasional  selesai,Acara pun ditutup dengan pembagian kupon juara kepada para peserta lomba, kupon tersebut dapat ditukarkan hadiah di sekertariat OSIS. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *