Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto

Pondok Pesantren Al – Amin Terapkan Tradisi NU Peringatan Maulid Nabi Muhammad 1444 H

Setiap tanggal 12 Rabiul Awal Tahun Hijriyah diperingati sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Banyak umat muslim yang memperingatinya sebagai wujud rasa cinta kepada Rasulullah Muhammad SAW. Banyak kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan tradisi dan budaya daerah setempat.Tepatnya Hari Kamis, tanggal 6 oktober 2022 Pondok Pesantren Al-Amin memperingati maulid nabi muhammad saw, acara dilaksanakan di masjid Pondok Pesantren Al-Amin dan di hadiri oleh sebagian asatidz dan seluruh santri Ponpes Al-Amin, serta pembukaan lailatus sholawat yang di meriahkan dengan gebyar sholawat dari setiap angkatan. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan rangkaian kegiatan peringatan maulid nabi muhammad saw, diakhiri dengan penutup dan do’a.

Pada tanggal 07 Oktober 2022, diawali dengan perlombaan tasrifan yang diikuti oleh setiap angkatan yang beranggotakan 5 santri. Perlombaan ini dilaksanakan di aula pada pukul 08.00 – 10.00 WIB. Dan dilanjut pada siang harinya perlombaan MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) yang dilaksanakan di aula pada pukul 13.00 – 14.30 WIB, perlombaan ini diikuti 2 santri dari setiap angkatan. Pada malam harinya dilanjutkan perlombaan DA’I (Dakwah Islami) yang dilaksanakan di aula, pada pukul 20.00 – 21.30 WIB. Perlombaan ini diikuti 2 santri dari setiap angkatan dan perlombaan ini dihadiri oleh seluruh santri Pondok Pesantren Al-Amin.

Pada tanggal 08 Oktober 2022, tepatnya dihari ketiga akan penutupan diawali dengan lomba MHQ(musabaqoh hifdzil qur’an) yang diikuti oleh 6 angkatan yang seluruhnya mengikuti program tahfidz di Pondok Pesantren Al-Amin.perlombaan dimulai pukul 08.10 – 09.30 WIB yang bertempat di aula Pondok Pesantren Al-Amin. Di lanjut pada siang hari terdapat perlombaan kaligrafi dan cerpan masing-masing angkatan akan mengumpulkan karyanya pada pukul 14.00 WIB. Seluruh santri telah diberi waktu dari pembukaan,panitia memberikan sosialisasi tentang perlombaan pembuatan karya tersebut. Apabila ada angkatan mengumpulkan karyanya melebihi batas yang telah ditentukan maka akan ada pengurangan nilai.perlombaan pun selesai diakhiri dengan penutupan maulid nabi muhammad SAW, yang bertempat dimasjid Pondok Pesantren Al-Amin.

 Penutupan ini dimulai pada pukul 19.20 yang diawali dengan penampilan banjari dari angkatan 19. Setelah seluruh asatidz datang acara pun dibuka dengan diawali pembacaan ayat suci al-qur’an yang dilantunkan oleh muhammad imam ghozali dari angkatan 19. Setelah pembacaan ayat suci al-qur’an dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, sambutan pertama diisi oleh ketua osis periode 2022-2023. Setelah sambutan pertama selesai dilanjutkan sambutan kedua sekaligus penutupan maulid nabi, yang diisi oleh H. Muhammad Imaduddin, S.Pd.I., MM. dilanjutkan dengan acara inti yaitu mauidloh hasanah sekaligus doa penutup yang di isi oleh Ust.mas’ud. setelah mauidloh hasanah selesai,Acara pun ditutup dengan pembagian kupon juara kepada para peserta lomba, kupon tersebut dapat ditukarkan hadiah di sekertariat OSIS. 

Sosialisasi ini bertujuan untuk mewujudkan anak bangsa yang memiliki karakter kuat dan unggul, serta memiliki perilaku yang baik. Selain itu, juga memberikan pengetahuan kepada siswa tentang sanksi hukum dan akibat yang berkaitan dengan perilaku remaja yang melanggar hukum.

Masa remaja merupakan masa dimana anak mencari jati diri agar bisa dipandang oleh orang orang disekitarnya. Kebanyakan para remaja masa sekarang sangat kurang dalam hal memilih pertemanan, dan banyak yang terjerumus dari hal hal yang memang tidak baik untuk dilakukan.

Di usia remaja, perilaku yang dilakukan didasarkan untuk coba-coba. Itu sebabnya, mudah sekali mereka terjerumus pada kenakalan remaja dan juga terjebak pada penggunaan narkoba. Oleh karena itu, kita harus selalu melakukan pemantauan terhadap siswa yang agar lebih bijak lagi dalam memilih pergaulan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *