Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto

Pelepasan Peserta Jambore Nasional XI Tahun 2022

Al Amin News – Pelepasan Peserta Jambore Nasional XI Tahun 2022 dilaksanakan pada hari Kamis 11 Agustus 2022, pukul 08.00 WIB — 09.15 WIB yang bertempat di Pendapa Graha Majatama. Adanya gerakan Pramuka ditujukan untuk membentuk sikap dan perilaku, meningkatkan kemandirian, ketrampilan persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode kehormatan pramuka yaitu Satya dan Darma Pramuka.

Didik Chusnul Yakin selaku Ka Kwarcab menyampaikan bahwa pada saat ini, Gerakan Pramuka sudah memiliki undang-undang yang sebelumnya masih Perpres.  Pemkab Mojokerto sangat perhatian terkait gerakan Pramuka yang mana sudah ada Perbup tentang gerakan Pramuka.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Bupati Mojokerto, Pimpinan kontingen Kabupaten Mojokerto, Kepala Sekolah, para kakak pembina, serta orang tua peserta Jamnas.

Kegiatan Jambore Nasional XI akan dimulai pada tanggal 14 Agustus s.d 21 Agustus 2022 di bumi perkemahan Cibubur Jakarta. Jadwal keberangkatan peserta ke arena Jambore Nasional pada hari ini kamis tanggal 11 Agustus 2022 pukul 14.00 WIB dengan menggunakan kendaraan Bus Travel.

Peserta yang mengikuti perlombaan diantaranya pembina penggalang 2 orang, CST 2 orang, dan peserta didik 16 orang yang merupakan hasil seleksi perwakilan dari gugusdepan pangkalan sekolah/madrasah. Kuota dibatasi pada tahun ini, sebelumnya sebanyak 32 orang. Namun kali ini hanya 16 orang.

Kegiatan seleksi peserta dilaksanakan pada 27-28 Maret 2022. Sementara itu, pembekalan peserta dilaksanakan setiap sabtu dan minggu mulai tanggal 23 April s.d 7 Agustus 2022.

 “Alhamdulillah, patut kita bersyukur karena yang mengikuti lomba ini adalah orang pilihan yang nantinya akan bertemu seluruh penggala di seluruh Indonesia. Walaupun kegiatan ini rutin namun setiap hanya 4 tahun sekali. Kesempatan yang luar biasa ini harus kita syukuri namun, tidak cukup dengan kata-kata namun harus diwujudkan dalam bentuk perbuatan salah satunya dengan keseriusan dalam memanfaatkan kesempatan.” ungkap Bupati Mojokerto selaku Ketua Majelis Pembimbing Kabupaten Mojokerto.

Dari serangkaian kegiatan kemarin, setelah dipilih kemudian dilakukan pembinaan dan pembekalan. Yang mana seharusnya persiapan sudah sangat matang. Akan sangat sayang sekali kalau kesempatan ini terlewatkan begitu saja.

“Para Kepala Sekolah dan Para Orang tua dengan adanya kehadiran panjenangan ditempat ini, menunjukkan komitmen dukungan penuh dari panjenangan semua untuk adik-adik kita. Ini adalah proses yang panjang, hal Ini belum selesai dan kami masih perlu support panjenengan dalam bentuk do’a.” imbuh Ikfina Fahmawati.

Mengingat masih dalam keadaan pandemi dan masih berlakunya Imendagri terkait PPKM. Diharapkan agar seluruh peserta menjaga diri dan disiplin serta menjaga kesehatan. Karena dalam keadaan sehat dan prima  bisa memberikan performan yang prima juga.

Pramuka ini melatih generasi Indonesia yang tangguh, sehingga harus kompak dan solid.

Leave a Comment

Your email address will not be published.